berawal dari coba-coba ternyata ......... eh juara




Well, ini pengalaman gue dan temen gue yang , “yah bisa di bilang pemula” untuk mengikuti suatu ajang kompetisi. Menurut gw, kompetisi yang gw ikutin ini gak sesuai hobby sih awalnya, apalagi dari SMA gak begitu suka tulis-menulis. Wahahahahaha, jadi awalnya tuh, ngikutin kompetisi ini karena pengen banget di per-kuliah-an itu punya prestasi, ya minimal satu lah. Setelah dipikir-pikir, dari IPK yang diperoleh gak begitu memuaskan, dan waktu selalu dipakai untuk organisasi dan kepanitiaan, nah karna itulah gw pengen banget punya satu prestasi juara sebagai suatu pengalaman dan untuk nambah-nambah CV setelah lulus.
Jadi ceritanya , dimulai dari obrolan di grup suatu media social yang bernama L**E (sensor). Nah jadi di medsos itu gw ada grup khusus anak anak “perkusi” hahahaha. Gatau kenapa tibatiba obrolan di grup sekali ini bener. Teruss..... salah satu temen gw ngeshare jarkoman lomba , yaps lomba karya tulis. Awalnya gw bercanda ngomong “ yuk ikutan, jarang2 ikutan kayak gini selama dikampus”. Eh ada satu temen gw yg nyletuk , sebut saja FIS, nah temen gw ini sama kayak gw yang pengen banget sekali kali punya prestasi. So, setelah obrolan panjang, langsung deh gw personal chat temen gw dan ngajakin untuk serius ikutan lomba karya tulis itu, akhirnya terbentuklah tim. Yah karna 1 tim maksimal 3 orang , dan kita hanya berdua, jadi memutuskan untuk mencari 1 orang lagi untuk diajak ikut serta dalam lomba ini. Awalnya gw ngajakin temen gw sebut saja FC, tapi temen gw nolak karna dia gapunya basic menulis, yaudah gue sih gamau maksa hhahahaha. Yaudah akhirnya gw ajakin temen lagi, sebut saja DSA, dan temen gw ini akhirnya setuju untuk ikut.
Singkat cerita, kami pun sudah terbentuk tim dan ide yang kami akan tuangkan kedalam karya tulis yaitu berdasarkan pengalaman kami selama magang pada saat liburan semester 5 kemarin yaitu “biotray”. Awalnya kami berpikir , kalo menggunakan bahan yang sama seperti pada saat magang cukup susah yaitu daun pisang karna hampir tidak semua daerah memiliki pohon pisang. Ide kami ini bermaksud agar setiap orang bisa menggunakannya tanpa harus berpikir bahannya. So, gw pun akhirnya konsultasi lah dengan kating yang sebelumnya juga pernah ikut kompetisi LKTI ini.
(SINGKAT CERITA)
YAPSSS...., ide pun sudah dan kami pun mulai begadang mengerjakan paper LKTI ini karna H-2 pengumpulan. Kami mengerjakannya semalam suntuk bahkan sampai subuh dan sampai matahari terbit lagi hahahaha. Setelah semua kelar, gw pun bersiap-siap untuk mengirimkan karya tulis itu.
(counting days)
Setelah beberapa lama menunggu hasil, JENG JENG JENGG.................. akhirnya karya tulis kami pun lolos dan masuk 10 besar untuk lanjut tahap FINALISSSS...... yapsss karna pemula jadi bangga bangettttttt. TAPIIIII..... badnews nya presentasi untuk tahap finalis sangat bertabrakan dengan waktu kami KKN (yaps pada saat itu kami udh semester 6 dan mengikuti kkn). Setelah semua bahan presentasi selesai dibuat , kamipun bersiap siap untuk pergi ke daerah tempat kkn masing2.
(didaerah tempat kkn )
Nah , bagian ini bagian paling amburadul kalo kata gw sih. H-7 untuk tahap finalis , kami pun bingung mau berangkat apa tidak. Alasan pertama, biaya bolak balik dari tempat kkn, menuju bogor, kemudian bolak balik pesawat jakarta-palembang. Alasan kedua, karna kami semua menjadi koordinator desa dan koordinator kabupaten( Cuma si FIS) susah juga untuk meninggalkan tempat kkn. Yapss bersyukur, untuk alasan pertama akhirnya gw pun curhat dengan salah seorang temen sebut saja FC, dia merupakan wakil dari himpro dikampus (tepatnya di departemen gw), nah setelah curhat panjanggg, yeay dipinjamkan lah duit sebagai bekal untuk ke palembang tapi dengan syarat akan dikembalikan dan harus bawa juara, susah juga kan yaaa. Untuk alasan kedua, lumayan susah karna harus berurusan dengan pihak dekan fakultas masalah ijin tapi untungnya ada adek tingkat yang bersedia membantu mengurusi perizinan walau hanya sementara dan sisanya diurus oleh DSA karna dia tempat kkn yang kalo pulang paling dekat dengan bogor. Setelah surat ijin jadi, kamipun masing-masing memohon perizinan baik itu kepada koordinator lapang, dosen pembimbing kkn, dan terakhir kepala desa. Untungya permohonan izin kami diterima , apalagi kepala desa tempat gw kkn sangat mengijinkan jika itu berhubungan dengan akademik dan kampus . wagelaseeehhh baik bangettt
(on road)
Nah kami pun bersiap untuk berangkat dan ini H-1 keberangkatan. Jadi gw dan FIS tempat kknnyaa di pekalongan , otomatis harus menggunakan kereta menuju bogor. Kami berangkat dengan kereta dari stasiun pekalongan jam 10.00 dan sampai di stasiun bogor pukul 18.00 dengan kondisi perut kosong (awalnya dibekali makanan oleh FIS yaitu nasi megono dan telur, lumayan energi kannn). Terus setelah sampai stasiun, lanjut memesan gojek menuju tempat kos masing, masing. Kemudian , pukul 20.00 kami pun berkumpul kembali untuk mempersiapkan presentasi esok hari. Keesokan paginya , pukul 07.00, kami berangkat naik damri menuju ke bandara soetta, dan sampai di palembang pada pukul 11an (lupa waktu).
Singkat cerita, kami sudah sampai di universitas tempat diadakan tahap finalis, kamar oke, teman teman baru oke, tapi jarak antara kampus dengan warung SANGAATTT JAUH , dalam hati (gak apa lah, Cuma 3 hari). Persiapan pun dimulai pada malam hari, kami berlatih presentasi bahkan sampe tertidur pulas dan esok subuh berlatih lagi. Yapsss, tahap presentasi pun dimulai, tim kami mendapat nomor urut 07, jadi kami bisa melihat para tim lain dengan gaya presentasi mereka masing-masing. Awalnya sih down, karna apa yang mereka bawa di tahap finalis sangat WAH kalo dibandingkan dengan yang kami bawakan yang hanya bermodalkan daun jagung. Whahahha, giliran kamipun tiba, oke presentasi dengan santai, pembawaan pun santai seperti SPG SPG di mall. Setelah presentasi, kini giliran juri berkomentar...................dan rada gapercaya, komentar semua juri bagus bagus, dan ada salah satu juri yang terpukau dengan ide yang kami bawakan. SUNGGU LUAR BIASA!!!!!.
Malam harinya , kamipun beristirahat dan berniat untuk keliling palembang dan mencoba pempek palembang, karna pesawat kami waktu keberangkatannya lebih cepat dibandingkan tim lainnya.
(singkat cerita)
Tahap pengunguman pun dimulai, kami awalnya degdegan, tapi melihat peserta lain yang MENAKJUBKAN dibandingkan kami, yaudahlah ya yang penting walaupun tidak juara tapi ada pengalaman dan dapat jalan jalan selagi kkn. Wahahhaha,....
Juara 3 sudah diumumkan, lalu juara 2, dan nama tim kami tidak ada, dalam hati “yah gamungkin juara satu, hmmm “. Akhirnya juara satu pun diumumkan, and you know apa yang terjadi, TIM KAMI MEMPEROLEH JUARA 1 wahahahahahahahahahahahahahahah. Its great moment guys, dan kami pun rasa rasa tidak percaya dan berpikir “wah baru pemula dan sudah bisa juara ya”. Wagelaseeehhhhh..... lalu kamipun sangat bertrimaksih kepada semua pihak dan mengungumkan di grup “perkusi” dan tidak berani dulu menyebarkan wahahahah tapi ujung ujungnya semua tersebarluas wahahahah. THANKSSS GOD
Pesannya
“ pengorbanan yang kami lakukan selama ini, sampai harus berkorban waktu dan materi terbayarkan dengan hasil yang memuaskan, dan kalian tahu pelajaran yang bisa diambil itu kalau kita ada niat dan ada usaha serta doa, niscaya impian kalian akan terwujud walaupun kalian hanya pemula atau sebelumnya tidak memiliki basic apa apa, karna kita disini semua berawal dari pembelajaran, dan doa serta usaha lah yang menghantarkan kita menuju impian kita”

SEKIAN CERITA SINGKAT SELAMA MENGIKUTI LOMBA, SEMOGA APA YANG DITULIS INI BISA SEBAGAI PEMACU SEMANGAT DAN JIKA ADA KESALAHAN KATA-KATA MOHON DIMAAFKAN.

Tertanda
Komang Jodi Indra Pujawan
Instagram : jodiindra





You May Also Like

0 komentar