free time itu perlu , dan STOP MENGELUH!!!

by - April 12, 2019


pernah gak sih lu berpikir hidup itu sangat gabut ( tidak mempunyai pekerjaan sama sekali ) dan seringkali orang berpikir “ my life is useless”. Ntah kenapa gw pengen ngeshare pengalaman mengenai waktu luang/gabut/free time but this is my opinion.
....
....
....
Sedikit cerita, pengalaman gw ketika kuliah, terutama waktu memasuki masa masa skripsi, dimana di kampus yang gw pilih dan di departemen gw untuk menuju tahap skripsi ini ada namanya kolokium ( seminar proposal), penelitian ( karena mahasiswa pertanian jadi ada yang penelitian lamanya tidak tentu dan ada yang magang langsung di kebun entah itu kebun sawit/the/tanaman hias it depends on student), setelah penelitian lanjut menuju seminar hasil ( jadi mempresentasikan apa hasil selama penelitian atau selama magang) dan terakhir sidang (ini yang mahasiswa pada umumnya sering dihindarkan) terakhir skripsi. Sedikit cerita, gw memulai awal mula skripsi di awal masuk semester 8 (fyi di kampus gw, semester 7 masih ada kuliah tapi boleh parttime sambal ngerjain untuk kolokium), nah pada semester ini, gw sudah memasuki tahap mengerjakan proposal dan tema yang gw ambil cukup sulit yaitu menguji inbreeding depression pada jagung , literally tentang genetika. Pada saat diberikan topik dengan dosen pembimbing, ya gw sih biasa biasa aja karna ini tantangan dan I love challenge. Terus hari demi hari setelah proposal selesai, mulai lah itu yang namanya menemui dosen pembimbing, yaps sedikit cerita dosen pembimbingku dua yaitu bapak professor dan satunya ibu yang akan menuju S3. Dan akhirnya gw menemui dosen , dan taraaaaa………. Proposalku di coret karena ada kesalahan, oke gak masalah karna coretan pertama. Hari demi hari, coretan demi coretan terus ada which is 5 kali bahkan 6 kali coretan itupun baru dari 1 dosen. Hmmm… disaat seperti ini sering berpikir, kenapa harus ada yang namanya skripsi . Terus, tiap gw ngeliat semua temen temen udah pada kolokium dan they said “ gw sekali kasi langsung di approved sama dosen, waduh lu lama bener”, disaat itu bikin moodku makin kacau dan berantakan.
Singkat cerita , setelah dengan satu pembimbing selesai, nah bagian gw menunjukan hasil revisian dari pembimbing sebelumnya , ntah kenapa atau gimana ceritanya , tibatiba gw disidang dadakan di ruangannya, dan pada saat itu gw bener-bener nge-blank mengenai proposal yang akan menjadi skripsi gw nanti, akhirnya dosen gw ini pun mengusulkan untuk gw belajar lagi, bener-bener mengerti apa topik dan apa yang gw tulis dan bener-bener ahli di bidangnya. Perasaan malu dan kesal kenapa gw gak belajar sebelumnya menghantarkan gw menuju perpustakaan kampus sampe pukul 8 malem. Haha… se-jarang ini ke perpustakaan karna tiap kuliah kerjaanya Cuma nyari wifi bukan baca buku, tapi sekarang bener-bener baca buku bahkan gw baca buku yang ancient banget tentang inbreeding depression dengan kertas yang berwarna agak kekuningan dan bau bau sudah otw lapuk and this book full of English. Malam itu, gw minjem sekitar 6 buku, which is lima buku full English dan 1 bukunya Indonesia tapi jurnal. Oke semalaman gw meresapi dan gw cari apa yang dosen gw ingin dan tentang topik yang gw angkat sekaligus untuk persiapan seminar kedepan.
Akhirnya gw pun segera menemui dosen ( pada saat itu dikasi waktu 3 hari untuk belajar sebelum disidang dan gw bener bener focus dengan ke enam buku itu, as you know, Cuma gw yang ada disidang sebelum kolokium , temen2 gw yang lain pada lancer-lancar amat), dan pada saat disidang, gw dengan berani menjelaskan apa maksut dan tujuan tulisan proposal itu, walaupun dengan teknik bicara yang agak sedikit gagap karna nervous, akhirnya dosen gw menerima dan approved untuk bisa seminar proposal, hahhhhhh gw bangga, perjuangan seminar proposal pun bisa gw selesaikan.

Eitssssssss…………belum selesaiii…..
Gw persingkat cerita, setelah seminar proposal dilaksanakan dan gw bisa menjawab semua pertanyaan dari audience, akhirnya lanjut ke tahap penelitian. Kalau cerita tahap penelitian apalagi dengan topik jagung, jangan harap selama 3 bulan kalian bisa seperti anak anak kuliah pada umumnya, karena disini lah tantangan kedua. Di penelitian ini, gw harus menanam jagung sebanyak 29x10x3 (lets calculate yapss 870 jagung), dan ini yang ngurus semua gw sendiri, ngerawat juga sendiri pokoknya apa apa sendiri dan harus dijaga sampai 3 bulan kedepan. Im so grateful , di penelitian ini banyak temen-temen yang care banget sama gw, dari penanaman di bantu padahal hujan-hujanan, kemudian perawatan juga dibantu dan panen pun dibantu. Pokoknya di situasi ini gw harus berjuang dan tetep semangat walaupun diterpa hujan, panasnya matahari, dll.
Setelah 3 bulan berlalu, gw akhirnya bisa merasakan hidup normal seperti sedia kala dan gak harus panas-panasan lagi hahaha, yaps sekarang memasuki masa-masa input data dan olah data. FYI di tahap ini pas banget sama yang namanya libur lebaran, karna gw belum mau balik kalau belum selesai semua padahal orang tua udah nyuruh balik, ya gw berkutat dengan data-data ini yang semua ini adalah angka dan huruf. Sempet merasa semangat hilang karna yang gw liat di story Instagram ( ig gw id nya jodiindra) banyak temen-temen yang liburan disaat gw tidak liburan dan disana lah gw merasa iri tapi inget lagi sama orangtua karna disini gw bukan bersenang-senang tapi disini gw punya tanggung jawab untuk lulus dan bahagiain ortu. Untungnya bukan hanya gw aja yang gak ngambil liburan , masi ada temen-temen gw lainnya yang masih berkutat di lab, so ya gw ada temen .
Masa-masa olah data gw lewati dan kerjaan gw skrng itu menulis untuk seminar hasil. Sering bolak-balik kampus, nanya temen gimana buat bahas, dan memberanikan diri untuk belajar secara private dengan dosen pemuliaan tanaman how to solve this problem. Untungnya, dosen dosen disini memang baik dan mau mengajarkan secara langsung tanpa basa-basi. So ya akhirnya pelaksanaan seminar hasilpun selesai. Kemudian lanjut ke sidang , ntah kenapa di tahap sidang ini gw lagi beruntung karna kedua dosen gw mengiyakan dengan cepat dan menentukan jadwal sidang dan disini gw bener-bener diem dikosan tanpa hangout kesana kemari agar pelaksanaan sidang lancer. Yapss, akhirnya sidangpun selesai, dan gw dinyatakan lulus TAPI masih ada revisiann so banyak sekali.
Nah ditahap ini, ditahap selesai sidang ini lah masa masa kesabaran gw di uji. Terutama dengan dosen pertama gw yaitu bapak professor, karna revisian dengan pembimbing kedua gw sudah tuntas. Selama revisian dengan dosen pertama gw ini, harus tahu mengenai waktu si bapak di kampus dang w harus stay dikampus, kadang kala harus kerumah jika sibapak tidak sempat ke kampus but its no problem for me. Tapi suatu ketika pernah kejadian, gw dikampus dari pagi dan langsung chat dosen pembimbing satu untuk melihat hasil revisian , dan chatnya dengan sopan banget ( bahkan dengan kating aja yang blm kenal sesopan seperti dengan dosen), akhirnya blm di bales dan disaat gw lagi kumpul bareng temen, yaps dosen gw pun membalas, dan isi balasnnya “ temui saya di univ pakuan , saya beri waktu 30 menit”. Pas gw baca , gw bingung, gw kesana apa besok aja gw temuin, tapi kalo gak kesana gw kaga lulus lulus akhirnya gw mengorbankan waktu untuk bisa ketemu bapak, dan pada saat itu pukul 13.00 so gw harus sampe pukul 13.30. kalian bisa lihat jarak antara IPB dramaga dengan univ pakuan, disiang hari jam 13.00 literally itu macet pisan, dan disaat itu skill motor gw dipertaruhkan dengan skripsi dan masa depan. Di saat itu gw gapeduli yang namanya macet, yang penting terobos dan pada saat itu gw gapeduli panas yang penting sampai , yang gw yakin pas itu pasti sibapak langsung tanda tangan skripsi gw. Setelah sampai disana, dengan penuh sembrautan muka tapi di depan dosen pura pura tidak trjadi apa-apa, ternyata…….masih direvisi lagi. ARGHHHHHH!!! Kesel bercampur capek campur aduk kayak es campur tapi gw tetep inget ortu dan gw percaya ini pengorbanan orang-orang juga selama skripsi dang w gabole ngeluh. Tiap ketemu orang , gw gamau yang namanya bahas bahas perjuangan gw selama ini dan selalu gw masang muka happy dan ketawa biar bisa bikin perasaan tenang. Akhirnya dosen gw pun chat gw, disuruh kerumahnya untuk membawa hasil revisian jam 7 malam, oke gw baru balik terus sorenya gw mesti kerumahnya. Tancap gass lahh, pukul 18.20 gw berangkat karena rumahnya lumayan deket dari cibanteng-ciomas, dan pada saat itu hujan deres disertai macet angkot, gw rela hujan hujanan karna lupa bawa jas hujan , untungnya gak deres2 banget. Karna masih jam 18.35, gw berhenti sebentar sambil istirahat dan mengecek hp, EH TERNYATAAA, BAPAK MEMBATALKAN KARNA LAGI DILUAR BERSAMA KELUARGA AKHIRNYA DISURUH BESOK PAGI JAM 7. Yapsss, gw balik ke kosan , dan perasaan gw pada saat itu sejujurnya pengen nangis se nangis nangisnya tapi gw gabisa dang w gamau cerita kesiapa-siapa apalagi ke orangtua, karena beban mereka lebih berat apalagi kalo gw cerita ke temen-temen gw walaupun ke sahabat gw sekalipun, beban mereka aja udah berat gak mungkin gw cerita lagi kan , karna prinsip hidup gw gamau nambah beban orang selagi diri sendiri bisa menyelesaikan.
Esok paginya pun gw jam 5 pagi udah bangun, mengecek kesalahan apakah ada atau ndak dan mengecek berkas berkas. Gw bergegas untuk berangkat menuju rumah dosen pembimbing gw,dan sesampainya di depan rumah, bapak langsung tahu kalau itu gw dan disuruh masuk rumah , akhirnya keajaiban pun terjadi, skripsi gw di tanda tangan setelah berhari-hari menerpa panas hujan dan kemacetan disana gw berasa bener-bener plong dan kalian tahu apa yang bapak professor ucapkan “ saya hargai perjuangan kamu, dan ini lah yang namanya berjuang. Tidak selamanya dosen yang harus mengejar-ngejar mahasiswa, tapi mahasiswa lah yang harus berjuang untuk masa depannya, kalau saya tidak dari awal menguji kamu,sampai sekarang, mungkin kamu tidak tahu betapa berharganya skripsi kamu karena kamu benar benar berjuang”.inilah ucapan terima kasih sebesar-besarnya gw sehingga sekarang bisa sarjana dan bisa membuat kedua orang tua gw tersenyum bangga.

…….

Disitulah gw benar-benar bersyukur dengan tuhan karena gw diberikan dua dosen pembimbing yang benar-benar membimbing gw di tahap akhir, dan kedua dosen pembimbing gw ini mengajarkan bahwa “hidup itu harus berjuang, tidak selamanya hidup itu menggantungkan pada keberuntungan atau kepada orang lain, mimpimu untuk lulus ya harus kamu yang memperjuangkan, bukan orangtua dan bukan orang lain. Tapi kamu. Kalau kamu sebagai mahasiswa yang hanya ingin lulus saja tanpa berjuang, skripsi kamu tidak ada harganya, tapi kalau kamu berjuang sungguh-sungguh, demi lulus dan demi membahagiakan orang tua dan orang-orang sekitar, saya yakin suatu saat nanti kamu pasti benar-benar menghargai isi skripsi kamu, karena ini bukan hanya skripsi , dan bukan hanya sekedar tanda tangan, tapi disana ada perjuangan, ada tetesan keringat dan air mata yang kamu rela keluarkan demi mimpi dan membahagiakan orang orang tercinta”
Dan disini gw belajar, tuhan itu adil, tuhan selalu memberikan freetime di kehidupanmu, mungkin yang kamu lihat orang lain lancar, tapi kamu engga, atau mungkin orang lihat dia baru lulus udah kerja sedangkan kamu engga, tuhan memberikan kondisi “freetime” agar kamu bisa lebih mematangkan persiapan dan gw percaya ini, disaat gw kolokium paling akhir disaat itu tuhan memang belum memberikan gw hidayah kolokium cepat karena masih ada yang perlu gw persiapkan dan itu benar adanya, sampai suatu ketika gw sangat recognize with my sacrifice, dengan pengorbanan gw , akhirnya gw bisa wisuda tepat pada waktunya dan hadiah terindah pada saat melihat senyuman ortu gw kalau gw bisa juga wisuda dan gw sangat bahagia, inilah perjuangan yang harus gw ingat, dan semua perjalanan ini serta “freetime” yang tuhan berikan ke gw bukan semata-mata mengajarkan gw untuk menjadi useless, tapi mengajarkan gw untuk lebih mempersiapkan diri gw menjadi lebih siap untuk mencapai yang ingin gw capai.

.
Moto hidup gw
“if you give up, you’re loser forever and if you struggle with all your sacrifice you’re the best in the world” choose what you want, be a loser or be the best, it’s depend on yourself.
.
.
.
more information please comment below or dm on instagram "jodiindra"
hopefully you enjoy with my story
.


i dedicated this photo for my beloved lecturer, who was taught me about all the lesson from their life for my future







You May Also Like

0 komentar