terkadang menjadi kutu buku itu seruuuuu....

by - April 13, 2019








Menjadi kutu buku itu ada serunya dan ada juga gak serunya, hahaha serunya ya lu bisa jadi juara, lu bisa tahu segalanya, dan nilai juga bagus, nah gak serunya kerjaan tidur-belajar-yah main paling sama temen temen sekitar, tapi selama gw jadi kutu buku dari SD sampai SMA ( cukup sampe SMA kelas 1), gw jadi banyak punya temen dan temen yang nyari gw… lets begin my story



Dulu gw dikenal dengan sebutan kutu buku, yah dari SD tepatnya sd kelas 5 karena dari TK sampai SD kelas 3 gw anak yang nakal banget-nget-nget… pernah suatu ketika diajak main bola sama tetangga, nah karna gw semangat, bola yang gw tending yang harusnya menuju ke gawang lawan eh malah kena jendela rumah tetangga dan jadi pecah hahahaha…. Akhirnya orangtua gw langsung gantiin tuh kaca, respon bapak gw yang lucu “ya gapapa, lanjutin, kalo pecahin kita ganti lagi” nah semenjak itu karna gw orangnya gimana gitu kalo udh pernah buat suatu keburukan jadi gw rada jarang main bola mungkin itu terakhir kali main bola, sisanya lebih cenderung ke badminton….

Singkat cerita, berawal dari orang tua gw yang sering ngeliat nilai gw pas-pasan dan sering main nitendo pada masanya, ya bayangin, pulang sekolah bukannya lepas baju , gw malah langsung ambil nitendo dan melupakan yang namanya makan dll. Sekali-duakali-tiga kali masih dikasi ampun, karna gara-gara nitendo nilai ulangan gw buruk ( ya dulu orang tua masih condong ke nilai tapi sekarang udah engga  ) yaudah tanpa sepengetahuan gw, itu nitendo yang jaman dulu mahal banget langsung di ungsikan sama bapak gw dan dibawa lah ke kampong halaman , ntah dikasi ke tetangga atau dijual gw gatau yang pasti itu nitendo pas gw balik dari sekolah udah hilang lenyap ( selain nitendo, gw juga dulu sering ngumpulin mobil hotwheels, bahkan sampai 20 jenis mobil ya yang tau harga mobil hotwheels jaman dulu hahaha). Semenjak saat itu, orang tua gw memperketat untuk gak kebanyakan main permainan yang literally bisa merusak mata, makanya gw dari SD sudah jarang yang namanya main PS lah atau semacamnya lah bahkan karna aturan tersebut, lama kelamaan jadi gak tertarik, paling bapak gw beliin mainan remote control pada masanya, atau Tamiya atau Beyblade yang bisa gw mainin tanpa harus focus ke permainan ( orang tua gw dulu rela banget keluar ke pasar atau mall demi nyariin gw mainan biar gak kepikiran nitendo bahkan dulu pas awal muncul remote control dan tetangga gw mainin depan gw, malemnya langsung itu mobil remote control ada dirumah gw, tapi gw jarang banget yang namanya main layangan karna ortu ketat banget kalo siang dilarang keluar rumah dan diharuskan istirahat bahkan untuk makan mie goring aja tiap hari minggu). Nah akhirnya, semenjak masuk kelas 5, gw udah mulai rajin belajar, ntah kenapa bisa serajin ini, karna gw tibatiba suka baca dan menghitung, udah deh buku menjadi permainan baru. Waktu belajar gw bener bener terkontrol dari jam 18.00-22.00 itu gw sibukkan dengan belajar untuk pelajaran besok, dan ortu gw juga mensupport kalau mau beli buku apa yang gw suka literally buku pelajaran. Saking rajinnya, awal semester 5 ( dulu SD ada semester ganjil dan genap), nah disemester ganjil ini gw yang sebelumnya Cuma bisa masuk 10 besar, tiba-tiba melonjak jadi 3 besar tepatnya ranking 3, wah disana gw bahagia banget karena jadi 3 besar selain dikenal guru terus dapet hadiah dari ortu hahahah. Semenjak berhasil masuk 3 besar, gw semakin giat untuk belajar bahkan orang tua gw mensupport dengan memberikan hadiah, kalo gasalah kalo berhasil juara 1 bakal dapet sepeda gunung atau tiket ke Jakarta langsung ( karna gw dulu kecil blm pernah kejakarta hahaha), so gw makin giat dan tambah giat. Nah selain itu, gw tertarik banget sama yang namanya matematika, as you know, dulu gw disekolahin di sekolah swasta yang terkenal di Denpasar bali, dan guru-gurunya pun bener bener expert karna orang tua gw gamau menyekolahkan gw di tempat yang biasa, kalau ada yang unggulan pasti di sekolahkan disana. Nah untuk pelajaran matematika, disekolah gw guru matematika bener bener gak ada yang namanya ngasih teori, tiap masuk ngejelasin 10 menit, abis itu langsung ulangan, selama kelas 5 sampai kelas 6, gw merupakan orang tercepat dalam menghitung aritmatika dasar , bahkan mengerjakan 1 soal hanya butuh waktu 10 detik dan gw selalu mendapatkan nilai sempurna terus selalu menjadi contoh dan selalu disuruh kedepan untuk menjawab soal-soal (FYI bukan soal matematika anak SD tapi anak smp juga) makanya gw putuskan untuk ikut olimpiade matematika. Selama kelas 5 sampai kelas 6, saking rajinnya belajar, gw berhasil naik menjadi juara 1 tanpa terkalahkan hahaha sombong ya gapapa sombong kan udah ada buktinya, bahkan guru-guru heran peningkatan gw cukup drastic terutama guru matematika gw karna gw itu bisa dibilang anak kesayangan , aw bangga lah selama SD udah juara kelas dan disayang guru pula  dan dulu SD karna saking terkenal di mata guru-guru, gw diharuskan menjadi ketua kelas yapss ada kerjaan baru. Tapi, di akhir kelas 6, gw tetep jadi juara 1 tapi nilai UN gw pada saat itu bener bener rendah gatau kenapa berkebalikan dengan nilai sekolah. Nah di Denpasar which is ibukota nya bali, ada 10 smp negeri yang unggulan dan terbaik di bali bahkan banyak anak anak nya pada juara sampai nasional, pada saat itu 10 smp negeri itu berstatus RSBI ( ada English class nya) nah tapi yang inceran gw pada saat itu kalau engga smp 1 denpasar ya smp 3 denpasar, tapi karna yang digunakan nilainya itu dari kelas 4 sampai kelas 6 dan nilai kelas 4 gw jatuh banget, yasudah gw tidak bisa masuk di 2 smp itu akhirnya gw masuk di smp negeri 8 denpasar yang merupakan sekolah unggulan….(lanjut SMP).


Nah ceritanya , awal masuk smp ini gw terpilih masuk di 2 smp negeri , yang satu deket rumah yang satu lagi deket kantor bapak. Ya gw jelas pilih yang deket rumah, karna gw pengen banget ngerasain sekolah pakai sepeda tanpa antar jemput yaudah gw putuskan memilih smp deket rumah. Singkat cerita, awal masuk smp penempatan kelas bener bener random banget, ntah kenapa gw dapet kelas paling terakhir dan anak anaknya pada nakal nakal semua, karena masih ospek yaudah gw jalani. Nah cerita ospek ini yang dilaksanakan selama 3 hari, gw bener bener gaikutan ospek, kenapa? Karena sebelum ospek gw mengalami kecelakaan fatal yaitu kaki gw masuk sepeda temen pas diboncek, itu bener bener masuk, kulit telapak kaki terkelupas dan selama 3 hari lebih itu bengkak dan sulit jalan, tapi karna gw gaenak sama sekolah , ya masa murid baru diem dirumah yaudah bapak gw mau nganterin gw tiap sekolah bahkan sampai ruang kelas dan itu bener-bener gabisa jalan jadinya selama ospek gw hanya ikut yang didalam ruangan. Ospek hari pertama lewat, ospek hari kedua lewat dan itu gw banyak kenalan walaupun hanya yang di dalam ruangan karna gw gak berinteraksi dengan orang orang diluar ruangan, akhirnya ospek hari ketiga pun mulai. Di hari terakhir ospek, para siswa diwajibkan membawa hadiah untuk osisnya demi mendapatkan tanda tangan dan itu buku harus full, dan temen temen gw yang notabenenya kaya pada bawa coklat toblerone sebanyak panitia osis, GILEEE GAK TUH, gw mah Cuma bawa silverqueen satu itupun gw makan karna gw gabisa kemana-mana. Nah temen-temen gw pada kesana kemari nyari osis yang mau tanda tangani buku tugas dan gak segampang itu, ada osis yang males ngasih, ada osis yang jutek dan ada osis yang baik, dari raut wajah temen-temen gw bener bener pada capek dan lesu walaupun gw gabisa ngerasain karna kaki gw yang lagi sakit. KEAJAIBAN PUN DATANG, salah satu ketua osis tiba tiba lewat ruangan dan melihat gw duduk sendiri tanpa orang disamping, langsung deh itu ketua osis nanya dengan nada yang gatau apa-apa dan agak sedikit ngebentak, ditanya :
Ketua : “ dek, ngapain kamu diem dikelas, gak liat temen temenmu pada kelelahan nyari tanda tangan”
Gw : “ iya kak, aku dari awal sampe sekarang Cuma bisa duduk karna sempet ada kecelakaan di kaki jadi gabisa kemana-mana”
Ketua : “buku tugas udah full belom sama tanda tangan?”
Gw : “ belom kak” dalam hati, kalo gak sakit gw udah marathon nyari tandatangan
Ketua : “oke sebentar ya, aku panggilin osis yang lain”

Dan kalian tahu, semua osis berkumpul dan dating keruangan terus buku tugas gw di tandatangan tanpa gw kasi apa apa Cuma modal ucapan terima kasih. Astaga beruntung banget sih gw dibalik kesengsaraan kaki ini.
Singkat cerita, kaki gw udah sembuh dan gw bisa menjalani hari-hari layaknya siswa normal. Sebelum masuk hari pertama, sudah diumumkan ada tes untuk penempatan kelas, dan yang 30 nilainya paling bagus akan ditempatkan di kelas unggulan sisanya ya menyesuaikan kelas. Pas gw denger, alamak abis ini kaki sembuh diharuskan belajar lagi, dan kata kakak kelas, ini ujian masuknya bener-bener soalnya itu bukan soal matematika SD tapi soal matematika kelas 2 dan kelas 3 digabung. Ah iyyaaaa, dalam hati gw “anjir, ini cobaan apalagi, kalo matematika bisa lah ya tapi yang lain”, yaudah pulang sekolah gw Cuma belajar apa yang gw bisa, dan pada saat itu belum ada dibagiin buku smp jadi gw Cuma minjem buku kakak gw (gw dan kakak gw dan adik gw perbedaan umurnya Cuma 3 tahun).

Nah masuk hari dimana tes dimulai, dan gw ditempatin di kelas paling belakang bareng temen gw yang dulu sd nya bersebelahan namanya INDRA, yaps itu nama tengah gw hhahah. Tes pun dimulai betapa kagetnya ini soal campur matematika, fisika, biologi, bhs inggris, dan ilmu social. Gw kerjaindah itu satu satu, gw utamain yang bisa gw jawab terutama bidang sains, terus yang gak bisa gw jawab gw pake hitungan kancing. BODOHNYA gw jawab semua padahal ada system minus , bener bener kayak bukan soal anak sd yang baru masuk smp, alamak gw mikir bakal ditempatin di kelas akhir  yasudah emang gak sepinter pas sd beda sama kualitas anak lain. Esok harinya pun pengumuman penempatan kelas (ini belom masuk ke pelajaran baru masuk ke penempatan kayak Hogwarts). Yang diumumin itu 10 orang dengan nilai tertinggi yang bisa masuk kelas unggulan, yasudah lah ya gw hanya bisa pasrah dan bisa berdoa walaupun terakhir yang penting masuk di 30 anak unggulan. Peringkat 1,2,3 udah diumumin dan itu cewe, terus gw sama temen gw indra tetep bercanda padahal hati gelisah, dan posisi 4 pun diumumin, ternyata si INDRA ada di posisi 4, anjayy gw gabisa bareng lagi . yahhh, dan posisi 5 pun diumumin, kaget+seneng+gak nyangka ternyata gw diurutan nomer 5, anjay, sebegitu pinterkah uing ngelawan semua siswa dari sd yang berbeda dan hanya disaring 30 besar untuk masuk ke kelas unggul. Wah gw seneng dan bangga, karna posisi 1-3 orang-orangnya keliatan banget pinter hahaha.

Akhirnya gw pun menjalani menjadi anak smp yang sekolah pagi dan pulang siang, dan jiwa kutu buku gw masih ada semenjak gw di kelas unggulan dan diharuskan harus bertahan karna kalo turun aja dari 30 besar bakal dipindahin kekelas yang bukan unggulan, terus begitu di rombak terus sesuai peringkat. Dan untungnya dengan gigih dan semangat kutu buku, gw berhasil menjadi juara umum urutan ke 5 di kelas 7 ( kelas 1 smp). Kemudian masuk ke kelas 8, di kelas 8 ini kelas yang menurut gw pelajarannya asik, gak susah susah amat, dan disini gw lumayan beruntung karna banyak penghargaan yang gw peroleh, yaitu di kelas 8 gw bisa naik peringkat menjadi juara umum 2 selama 2 semester, dan nilai gw sama INDRA ( oiya temen gw ini ternyata pinter pake banget, dia juara umum 1 dari kelas 7 sampe kelas 9, juara olimpiade biologi, dan menjadi murid teladan kalo gasalah juara 4 se-bali apa sekota Denpasar lupa yah pokoknya pinter tapi di blog ini bukan bahas indra melainkan gw hahaha). Balik lagi, nah gw urutan ke dua dan indra urutan pertama dan nilai gw sama indra bener bener beda tipis banget sampai guru smp gw pun bilang persaingan sengit. Selain juara umum 2, gw pernah memperoleh nilai 100 mata pelajaran matematika , dan itu Cuma gw seorang se-Kota Denpasar pada saat diadakan ulang umum bersama smp se-Kota Denpasar. Gw sih taunya dari siswa dari kelas lain karna kelas lain yang heboh duluan sedangkan kelas gw gatau apa-apa karna kita fokusnya beda, eh tau tau pas gw intip, beneran dapet 100 dong, hahahaha hebat gak sih. Oiya , tiba tiba guru gw manggil tuh gw sama indra untuk jadi calon murid teladan dari smp untuk di perlombakan di tingkat kota Denpasar, gw lupa karna apa pas itu dan ada tragedi apa, jadinya gw mengundurkan diri dan memang INDRA yang cocok untuk jadi murid teladan. Hari-hari yang gw isi bukan hanya belajar, tapi gw juga berkecimpung di dunia OSIS terus ikut organisasi PMR kalau waktu SD gw ikutnya banyak ada drumband, pancake silat, pramuka. Nah di kelas 8 ini, gw terkenal banget sebagai anak yang pinter atau genius lah, sampai2 saking kepedeannya, nama email gw dulu jodi.genius@yahoo.com hahahaha random banget gak sih dana lay pada masanya. Dulu SD gw ikutan tuh yang namanya olimpiade matematika, tapi semenjak smp, kemampuan matematika gw kurang dan gw milih fisika, terus gw ikut OSN tapi baru tingkat kabupaten pun gak lolos, yang dipilih 20 besar dan gw peringkat 24, sungguh terlalu.akhirnya temen gw INDRA , tepatnya tantenya, kenapa akrab karna gw sering belajar bareng indra bahkan sampai kerumahnya, literally sahabat gw sampai SMA bahkan sampai sekarang. Nah diajak tuh gw untuk ikut olimpiade biologi tingkat smp di universitas udayana, dan kalian tahu, itu lomba se-bali dang w belum punya bakat biologi terus denger2 soal yang dikeluarkan itu materi SMA. Yaudah besoknya berangkat lomba, malemnya gw belajar ngebut hanya dengan meminjam buku dari kakak gw sedangkan INDRA mah tantenya dosen jadi doi banyak buku dan gw pada saat itu belum mengenal Campbell sedangkan indra temen gw udah mulai baca Campbell, tau kan yang otaknya maju duluan siapa. Esok harinya , gw sama indra berangkat bareng dan kita ijin dari pihak sekolah, ijinnya lomba tapi bukan dari sekolah Cuma membawa nama sekolah. Singkat cerita, lomba pun dimulai, dan bener apa yang gw baca kemarin bener bener ada tapi gw hanya tau sekilas , yaudah gw jawab deh yang gw tau. Oke lomba ini yang dipilih 15 besar untuk ikut tahap final, dan gw sama indra akhirnya masuk , gw urutan 10 dan indra urutan 9 ( kalo gasalah), disana gw merasa anjir hebat banget yak gw hahhaa. Tahap final pun dimulai dan almost soalnya langsung di lab , dan gw belum belajar praktik apa apa, hanya tau teori, mampus lah. Sedangkan lawan2 gw semua as you know, mereka dari smp 1 denpasar dan 3 denpasar yang notabenenya anak olimpiade nasional dan internasional, disitulah gw kadang bangga dan kadang down. Pengumuman juara pun dimulai, dan seperti yang gw bilang indra itu emang pinter bahkan dia berhasil menjadi juara 1 mengalahkan anak anak olimpiade lainnya padahal status kita berdua masih pemula, gw sih pemula banget kalau indra mah udah pinter, sehabis pengumuman juara, panitia pun bilang yang masuk 10 besar tahap final , mendapatkan free pass masuk universitas udayana departemen biologi, ya gw piker, gw baru smp dan ini free pass kuliah, pasti udah kadaluarsa, setelah mengecek list , ternyata gw masuk 10 besar dan peringkat 10 hahaha disitu gw bangga sih, pemula tapi bisa di tahap yang-menjawab-soal-anak-SMA-oleh-anak-SMP, dan semenjak lomba ini, gw udah mulai baca Campbell sebelum masuk SMA karna gw punya tekad bisa ngabisin 3 jilid Campbell sebelum ke SMA
(kelas 9)

Di kelas 9 ini, ada perasaan sedih dan juga bangga, kenapa sedih? Di kelas 9 ini, gw kehilangan sebagian kebahagiaan gw selama hidup, yaitu adik kandung gw meninggal di umur 11 tahun dan dia akan memasuki masuk SMP, meninggal karena kanker darah. Disitu , gw merasa gak nyangka bisa kehilangan secepat itu, dan selama 2 tahun gw belom bisa mengikhlaskan kepergian adik gw, dan tiap gw lihat anak SD sampai sekarang pun gw selalu berpikir, coba adik gw masih hidup. Bahkan, ortu gw pun sempet sedih terus-terusan bahkan nangis tiap malem karna belum bisa melepaskan, sampai baju adik gw yang masih ada keringetnya , gabole dikubur karna belum bisa ikhlas. Semenjak itu, semua nilai gw turun, gw gak mood apa apa, dan tuhan seperti membalikan roda kehidupan, yang awalnya prestasi gw diatas, sekarang di bawah. Dari ranking gw turun , nilai ulangan selalu gak memuaskan bahkan gw untuk belajar aja gak mood. Tapi untungnya, temen temen gw selalu support gw dikala down dan gw bisa bangkit lagi walaupun gak secemerlang dulu, bener-bener semua hilang gatau kemana. Nah, abis sedih sedih, berita bahagianya tetep ada, gw berhasil bersama team sains, memperoleh juara 2 lomba sains tingkat nasional, dan pada saat itu gw bagian fisika, indra bagian biologi dan kimia , dan temen gw Michael (campuran belanda dan banyuwangi) bagian matematika, dan pada saat itu akhirnya team gw bisa memperoleh juara 2, dan kita bisa dapet free pass masuk SMA negeri 3 denpasar yang notabenenya sma paling unggul di bali dan terbaik di bali. Selain itu, sebelum ujian nasional berlangsung, gw dan indra tiba tiba dipanggil ke ruang guru untuk menemui salah satu guru, dan pada saat itu gw kaget, gapernah berbuat salah Cuma bisanya belajar doing. Akhirnya kami berdua pun menghadap keruangan, dan ternyata guru smp gw bilang kalau salah satu sma negeri di Denpasar yang unggul dan terbaik serta banyak anak hits disana sebut aja sma negeri 1 denpasar, mengirimkan surat agar gw dan indra menjadi siswa disana tanpa harus tes dan langsung masuk. Kemudian gw sama indra kaget, dimana orang-orang untuk mencari 3 sma unggulan di bali ( sma 1, 3 dan 4 denpasar) harus belajar, berusaha, dan nilai bagus, sedangkan gw dan indra ditawarkan masuk di dua sma ternama di Denpasar bahkan di bali. Ini kado terindah gw selama jadi siswa, dan gw bener bener bangga karna gw gak harus membebani orang tua untuk mencari sekolah unggulan karna bukan kita yang mencari tapi mereka lah yang mencari. Akhirnya gw pun menghubungi orangtua gw untuk membantu memilih sma mana yang pas, akhirnya jatuh lah ke sman negeri 3 denpasar yang paling deket banget sama rumah hanya jalan kaki . Disini gw bener bener bahagia, dibalik kesedihan yang menimpa keluarga gw, tuhan memberikan hadiah istimewa untuk keluarga gw .

Ujian nasional smp pun berlalu, dan karna gw udah keterima di 2 sma negeri, jadi untuk un gw gak terlalu memfokuskan tapi tetep agar tidak jelek nilainya….

Lanjut di SMA, awal masuk SMA sama seperti gw masuk smp, ditempatkan di kelas 2 terakhir dan nanti ada tes untuk masuk kelas ipa atau ips. Semenjak sma, gw bukan lagi kutu buku yang rajin belajar, gw balik lagi seperti dulu yang belajar kalau mood dan masih mengejar untuk menjadi juara di olimpiade biologi. Di sma kelas 10, gw berhasil menjadi juara kelas di kelas gw (yakali kelas orang lain), terus untuk naik ke kelas 11 , ada test uh yang milih IPA dan IPS, dan yang milih IPA juga ada tes masuk kelas mana dan kelas unggulan ya di kelas A, tapi karna gw gak lagi kutu buku, gw Cuma hopeless aja masuk kelas mana, sejujurnya semenjak SMA gw gak sebegitu perhatian sama juara, ya selama SMA gw Cuma belajar seperti biasa, mengerjakan tugas seperti biasa dll. Eh ternyata salah, gak ada tes deng untuk masuk kelas ipa dan ips hanya berdasarkan nilai semenjak kelas 10. Yaps , absolutely gw masuk kelas IPA unggulan karna gw pas kelas 10 menjadi juara kelas. Rada seneng tapi rada takut karna di kelas unggulan sekarang, yang masuk bener-bener anak anak yang cerdas bukan kaleng-kalengan, yah gw seperti biasa harus belajar keras Cuma tidak sekeras seperti sebelumnya. Ntah kenapa niat belajar gw mulai berkurang.
..
Hari demi hari gw lalui, di kelas 11 dan dikelas 12, gw bener bener Cuma bisa masuk ranking 20 besar gabisa 3 besar lagi, karna focus gw ada 2, yang pertama memperoleh prestasi di bidang biologi, dan yang kedua menuju perguruan tinggi negeri yang pada saat itu gw masih mengejar-ngejar kedokteran. Yah selama kelas 11 dan 12, gw selalu jarang hadir di kelas karena sering ijin untuk ikut lomba kesana kesini, hasil lombanya, gw meraih juara 1 ajang science camp yang dilaksanakan oleh universitas udayana pada saat itu dan itupun ber-team, yang kedua gw masuk 10 besar olimpiade biologi di universitas udayana sama seperti smp kemarin, dan gw mendapatkan golden tiket untuk bebas masuk tanpa tes apapun, yang ketiga gw hanya bisa sampai tahap semi-final olimpiade biologi di malang dan kalahnya karna praktik bukan teori, dan kembali lagi gagal di ajang olimpiade nasional itupun tingkat kabupaten, seakan-akan gw tidak jodoh untuk ikut osn.

Di kelas 11 cita-cita gw masuk dunia kedokteran masih tinggi, tapi tiap gw ikut lomba kedokteran selalu gak lolos dan hanya buang-buang duit beda sama ikut lomba biologi. Cara gw tes kemampuan, bukan dari ikut les sana-sini, karena gw bukan tipe orang yang bisa belajar dengan ikut les seperti itu, malah gw gak bisa belajar dengan cara seperti itu, yang gw lakuin untuk menguji diri sendiri yaitu dengan lomba , karna dengan lomba kita bisa tahu kemampuan kita dan kemampuan orang lain. Disitulah gw merasa bodoh untuk masuk dunia kedokteran, walaupun memiliki prestasi tapi gw merasa gak yakin di dunia kedokteran. Dan pada saat itu, kelas 12 pun dimulai, disana bener bener milih harus kedokteran atau diluar kedokteran. Pertimbangan gw pertama gw kuliah harus nyaman, gabole nyusahin orang tua dan ketiga gw harus bisa mandiri terus gw gamau dibali karna kalo di bali kapan bisa mandiri. Akhirnya gw memutuskan untuk memilih Institut Pertanian Bogor, alasannya, karna pertama pertanian gak jauh dari bidang yang gw suka yaitu biologi, yang kedua kuliah di bogor jauh dari orangtua gw bisa hidup mandiri dan bisa tahu pulau jawa, yang ketiga karna gw tertarik dengan ilmu genetika di pertanian IPB, bcause I love so much anythings about genetic. Yah itu pilihan gw , pilihan itu tanpa campur tangan orang tua, karena orang tua dan keluarga besar gw tetap berpegang teguh dengan kedokteran dan sudah menyiapkan dana untuk masuk kedokteran.

Singkat cerita
..
Akhirnya masa masa ujian nasional 20 paket di SMA pun berakhir dan nilai pun keluar, yah gw berhasil memperoleh 3 nilai 9 dari 3 matapelajaran yang gw lupa apa aja yang pasti fisika gw dapet 9. Setelah dinyatakan lulus, pengumuman snmptn (undangan) belum ada nih, nah seminggu kemudian, temen sma gw di grup line blg kalo pengumuman snmptn udah ada, dan gw buka , taraaaaaaaaaaaaaa………. Gw akhirnya masuk ke IPB bogor, yah bersyukur deh, padahal bukan kedokteran karna di pilhan pertama dan kedua gw isi IPB dan dipilihan ketiga gw isi kedokteran karena gw gamau masuk kedokteran walaupun paman gw ada backingan agar gw bisa lolos, tapi gw memilih lolos dengan keringat sendiri. Setelah lolos, gw kasih tau ortu dong, dan respon orangtua gw bener bener nolak senolak nolaknya tapi dengan halus, gw dibujuklah kedokteran dengan tes sbmptn, terus dibujuk dengan banyak cara gimana caranya gw bisa masuk kedokteran, selama 3 hari selalu dibujuk, akhirnya gw kasi tau, IPB itu universitas ternama di Indonesia dan masuk 3 besar, dan gw pengen banget hidup mandiri dan merasakan merantau terus bisa tahu pulau jawa dan sekitarnya. Terus, agar ortu gw mengijinkan , gw bener-bener bikin janji kepada orang tua kalau gw selama kuliah bakal lulus tepat waktu, bisa berprestasi seperti sebelumnya dan bisa mandiri, akhirnya orang tua gw luluh dan mengijinkan, terus berangkat deh menuju bogor. (next part kuliah bakal gw ceritain kisah sukaduka).


Jadi kesimpulan yang gw dapet, tidak selamanya menjadi kutu buku itu menyedihkan, nah gw, selama sd sampai SMA, gw malah punya banyak temen, dan bukannya sombong, temen2 pada suka berteman sama gw bahkan mereka yang dateng bukan gw yang dateng. Dan enaknya jadi kutu buku, dari sd sampai masuk perguruan tinggi, gw selalu sekolah di tempat yang unggulan berkat kerja keras belajar selama ini, memperoleh prestasi yang bagus, bisa terkenal dimanapun gw sekolah dan terpenting tidak membebani orang tua dan bisa membahagiakan orang tua karna prinsip gw hidup…
“gw gamau membebani siapapun, ntah temen, sahabat ataupun orang tua, selama gua bisa ngelakuin sendiri bahkan ketika gw sakit sekalipun, gw akan mandiri dan ngelakuin sendiri” FYI, gw pernah jatuh dan kaki gw bener bener rusak kulitnya dan itu gw gak ngomong ke orangtua gw diemin sampe darah ngucur, dan orang tua gw tahu pas gw tidur karna kaki gw kelihatan banget, dan bangun2 ortu gw udah didepan mata terus marahin gw kenapa luka segede ini gw gak bilang.

Sekian cerita perjalanan dari SD sampai masuk kuliah, dan sejujurnya gw orangnya ambivert, kalo dirumah introvert banget tapi kalo di luar extrovert banget, kalo kalian yang kenal gw selalu bilang hidup gw bahagia dan gapernah sedih, karna itu tadi, masalah gw ya gw sendiri yang tau, gua gak ingin ortu tahu apalagi temen bahkan sahabat deket gw, karna gw percaya, kalo kita tidak membebani orang, maka tuhan juga tidak menambah beban kita . Dan sekarang gw tumbuh menjadi pemuda yang berani, dan mandiri
..
Untuk cerita jaman kuliah, nanti gw buat ceritanya …

You May Also Like

1 komentar

  1. halo malam ka,
    boleh tau untuk download pdf campbell biology dimana dan kalau kakak masih punya bisakah saling berbagi? thanks..

    ReplyDelete