BOGOR “banyak pengalaman yang tak kutemui di tanah kelahiranku”

by - April 26, 2019

Menjadi anak rantauan memang awalnya berat, kalo kata dilan sih “rindu itu berat, biar aku saja”, mungkin benar apa kata di film Dilan. Anak rantauan rentan terhadap penyakit homesick, kadang menyerang selama seminggu, sebulan bahkan ada yang terus-terusan. Berbeda dengan yang gw rasakan selama menjadi anak perantau, banyak yang bilang
“jod, gak kangen bali?”
“jod, kok gapernah pulang ke bali?”
“jod, keluarga gak kangen ya”
Honestly, gw pernah merasakan yang namanya homesick, tapi penyakit ini hanya menyerang sekitar 2 minggu dan ini di awal matrikulasi karena gw belum beradaptasi sama sekali dengan lingkungan bogor. Setelah menemukan teman, bahkan setelah menjelajah keliling bogor , gw menjadi akrab dengan bogor sebagai anak perantau. Bukan tidak mungkin kangen dengan keluarga nan jauh disana, sejujurnya gw begitu sangat kangen yang tak tertahankan bahkan di asrama gw pernah diem malem malem , dan berpikir “gimana kondisi orangtua dirumah yang sendirian”. Semenjak gw di bogor, orang tua gw tinggal berdua dan ditemani oleh seekor anjing. Kakak gw udah nikah, dan tinggal dengan suami, ya paling tidak pulang kerumah hanya sabtu-minggu itupun kalo ada waktu. Begitulah pemikiran gw, kadang sedih, kadang galau, tapi apa boleh buat kembali kepada keputusan yang gw buat dan harus dipertanggungjawabkan.
Alasan gw gamau terlalu kangen rumah :
1. Gw ingin membuktikan kalau gw bisa mandiri disini, karena gw dulu di cap anak mami ya kemana-mana selalu sama orangtua dan orang-orang gapernah percaya kalo gw bisa merantau
2. Gw ingin menunjukan kalo gw bisa berprestasi dan sukses walaupun kuliah jauh
3. Gw ingin membuktikan kalo keluar dari zona nyaman itu bener bener mengajarkan banyak hal .
Nah ini alasan, sebenernya untuk pulang kerumah gw dulu tiap liburan semester pasti balik, semenjak awal semester 5 gw memutuskan untuk tidak balik. Bukannya gak kangen, tapi sayang duit men, bayangin bolak-balik harus bayar berjuta-juta, even gw sedikit agak mampu dalam hal finansial, tapi kenapa duitnya gak dipake untuk sesuatu yang bermanfaat untuk menjadi anak perantau. Is it right?. Banyak hal yang gw lakuin setelah gw memutuskan gak balik ke bali, salah satunya kemarin melakukan magang bersama 24 orang temen gw, lumayan ngirit dan nambah kegiatan lah. Tapi , banyak juga orang-orang yang menjudge gw udah gak kangen sama keluarga , hahaha pasti banyak sih yang mikir gitu tapi selalu gw jawab dengan ketawa dan senyum.
Pengalaman selama gw menjadi anak rantauan banyak banget yang mengajarkan gw arti kehidupan, mulai dari pendewasaan diri, pengontrolan emosi, persahabatan, solving problem dan banyak lagi , bahkan ini yang gw jarang peroleh di tempat kelahiran gw. Kadang mulai percaya dengan kata-kata orang, “kalo kita bisa keluar dari zona nyaman , maka kita bisa mengupgrade diri sendiri’. Nah ini, sebelum gw keluar dari zona nyaman (zona nyaman yang gw maksut, nyaman tinggal dibali, dekat dengan orang tua, dan apa yang gw inginkan mudah diperoleh), bener-bener gw mempertimbangkan berbagai keputusan agar nanti tidak menimbulkan “reckless decision”. So, akhirnya gw bisa keluar dari zona nyaman dan bertemu dengan pembelajaran hidup yang baru. Tapi, banyak yang merasakan “gw sama ajatuh kalo keluar dari zona nyaman”, it depend on yourself, lu belum sadar akan pengupgradetan level diri lu , tapi lu nanti sadar ketika lu balik ke tanah kelahiran, dan lu bisa melihat cara pemikiran orang-orang dengan pemikiran lu.
Mungkin kalo orang baca tulisan gw ini, psti banyak berpikir memang selama lu SMP bahkan SMA gak ada pendewasaan diri?, ada pendewasaan diri, bahkan gw sudah diajarkan mandiri sejak SD, karna orang tua gw itu tipikal yang tidak mau melihat anaknya menjadi manja. Bahkan gw inget , kelas 1 SMA pas itu lagi sibuk sibuknya ujian kenaikan kelas, gw ditinggal sendiri dirumah selama ujian, sekitar seminggu lebih, kakak gw sibuk dengan ospeknya, ibu gw lagi mau di operasi jantung karena katupnya bocor, bapak gw kerja dan pulang kerja ya nemenin ibu gw dirumah sakit, kadang pulang itupun sebentar Cuma mandi dan ambil pakaian ganti untuk ibu gw. Nah disana gw hanya dikasi duit jajan, nyari makan sendiri, apa apa sendiri, dan tetep fokus sama ujian, yah banyak yang gw pikirkan waktu itu dan itulah yang membuat gw bisa merantau sekarang karena sudah terbiasa sejak dini. Pembelajaran yang banyak gw peroleh itu tentang pengontrolan emosi, selama 4 tahun kuliah, gw banyak menemui berbagai karakter-karakter orang mulai dari yang baik, keras kepala, jaim,manja, egois, banyak deh, dan karena mereka, gw bisa menemui solving problem untuk berteman dengan tipe-tipe orang yang seperti itu dan mulai bisa mengontrol emosi. Permasalahan yang ada di diri gw sendiri yaitu, gw tipikal yang gabisa marah ketika emosi, gak bisa musuhin temen lebih dari sehari dan paling parah gabisa nolak ajakan temen pasti selalu bilang “oke atau iya” (sekarang udah belajar nolak ajakan temen gara-gara sering dimarahin sama temen “kalo jadi orang jangan cepet mengiyakan jod, kadang itu baik tapi kadang itu bisa dimanfaatin”. Gimana ya, jadi diri gw ini susah, kalo nolak gw yang takut bikin orang itu gak respect lagi ke gw dan selalu kasihan liat orang hahaha. Berkat banyak pengalaman, tiap ada orang dengan tipikal yang berbeda, gw jadi tahu pendekatan yang cocok .

Nah ini pengalaman gw sebagai anak perantau yang orang-orang mungkin berkata biasa saja, tapi menurut gw ini luar biasa, dan terima kasih selama 4 tahun bisa bertemu kick ass people hahaha,


You May Also Like

0 komentar