Kuliah Bahagia : "Ilmu oke, teman banyak, beban sedikit"

by - December 17, 2018



.......

"loe mau kuliah apa?"
"ngapain milih jurusan itu, emang nanti bisa kerja"
"yaelah , gak gaul bangetsih jurusan lu"
'jauh amat kuliah, ujung2nya pengangguran"
"gausah serius, nanti juga kerja gak sama kayak ijazah"
"jangan kuliah jauh-jauh, nanti pergaulannya gak bagus"

......

pernah gak sih kalian yang mau rencana kuliah tapi disuguhkan pertanyaan seputar diatas atau lain dari itu tapi intinya sama? or ditanya-tanya yang bisa bikin kita jadi down duluan padahal belum mencoba. terkadang seseorang itu mudah sekali berubah pikiran dalam menentukan dimana harus kuliah dan jurusan apa yang dipilih, is it right?. yaps, benar sekali, hampir semua orang juga mengalami hal yang sama, ada yang kuliah terpaksa, ada yang kuliah salah jurusan karna ngikutin pacar/orangtua/trend, ada juga yang kuliah agar nama belakangnya panjang alias hanya mencari "good title". sebenarnya apasih manfaat kuliah bagi kalian? nah ini yang selama ini aku sering renungkan selama kuliah, dan menurutku sendiri , kuliah adalah suatu jalan untuk memantapkan ilmu yang selama ini ada di dalam diri kita agar nanti bisa berguna di masyarakat entah itu dalam lingkup kerja atau yang lainnya, dan perlu diingatkan lagi apapun dan dimanapun tempat kuliah yang kalian pilih selalu ingat, what i get from there and why i choose it. oke, sekarang aku bakal kasih beberapa tips dalam memilih tempat kuliah biar selama kuliah tidak bosen dan sesuai dengan yang diinginkan :


1. selalu berdoa dan minta restu

ini yang menjadi modal utama untuk mendapatkan tempat kuliah yang baik. selalu berdoa kepada sang pencipta, dan jangan lupa minta doa restu orangtua serta harus ada usaha agar tidak sia-sia

2. pilihlah tempat kuliah sesuai passion, bukan sesuai trend/kemauan orangtua

jadi dalam memilih kuliah, kalian jangan memilih karna tempat kuliah itu banyak artisnya atau lulusan disana banyak yang langsung dapat kerja atau karna orangtua kalian walaupun pilihan orang tua selalu baik yang semua itu tidak sesuai dengan passion atau tidak sesuai dengan hati nuranimu sendiri, yang ada waktu kalian kuliah disana malah kalian tidak bahagia dan berujung pada Drop Out. pilihlah tempat kuliah sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki, kelebihan yang selama ini kamu pendam dan passion yang selama ini ada dalam dirimu. jangan mengikuti teman , dan selalu ikuti kata hati, karna kembali lagi ke diri masing-masing, jika kita belajar sesuai hari maka seterusnya akan lancar.

3. pilihlah sesuai dengan GOALS kedepan

nah ini penting sekali, dalam pemilihan tempat kuliah, selalu pilih tujuan apa kedepan setelah kamu kuliah. jadi, jika kamu tahu goal dan tahu dimana harus memantapkan goals tersebut, kamu bisa lebih fokus pada rencana kedepan

4. rajin dalam mencari informasi tempat kuliah
bagi kalian yang ingin kuliah di suatu tempat,jangan sampai malas untuk mencari-cari informasi , misalnya seputar kuota penampungan , keadaan lingkungan atau seputar beasiswa. nah ini sangat penting, bagi yang kurang mampu secara finansial tapi ingin kuliah di PTN ternama di Indonesia atau Di luar Indonesia, jangan takut, sekarang tiap kampus , sudah banyak beasiswa yang bisa diberikan untuk kalian yang kurang mampu tapi ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, jadi jangan takut untuk tidak bisa kuliah dan jangan cepat-cepat untuk mengubur impian karena tuhan selalu memberikan jalan.


5. jangan patah semangat dan selalu berpikir positif

banyak hal yang membuat kaula muda semangatnya turun ketika mereka tidak memperoleh tempat kuliah seperti yang diinginkan, dan alhasil banyak yang stres bahkan hingga melakukan hal yang tidak-tidak. nah mulai sekarang, ubah mindset kalian dan selalu berpikir, "jalan hidup ditangan tuhan, selalu berusaha dan jangan patah semangat". jika kalian tidak diterima di satu universitas, mulailah berpikir positif , mungkin saja tuhan mempunyai jalan lain yang lebih baik untuk kita, dan jangan pernah patah semangat, karena banyak pengalaman teman yang walaupun dari jalur 1 belum keterima, mereka terus mencoba dan mencoba dan akhirnya keterima. ingat kunci sukses itu jangan patah semangat dan terus berjuang, sedangkan kunci kebahagiaan , selalu berpikir positif dan ceria.

yapss, mungkin itu saja tips dan trik yang bisa aku bagikan kepada kalian semua, dan ini sudah aku alami pada saat ingin kuliah di PTN ternama di Indonesia. semoga kalian yang membaca bisa mengambil manfaat dari tulisan ini.

terima kasih







You May Also Like

0 komentar