THANK YOU 2019..

by - January 01, 2020




tahun 2019 merupakan tahun yang bisa di bilang tahun perjuangan..
.
.
awal tahun 2019 di awali dengan mengangkat toga di Institut Pertanian Bogor sebagai hasil dari kerja keras selama 4 tahun kurang..
begitu banyak memori yang tersimpan selepas dari mengangkat toga, memori bersama teman, sahabat, maupun dengan lingkungan tempat aku kuliah..
kalau di pikir-pikir, 4 tahun memang lama, tapi selama itu banyak memori yang sudah direkam dan disimpan rapat-rapat untuk diceritakan di masa depan nanti..yaps rasanya kuingin memutar waktu untuk kembali ke masa-masa kuliah, masa dimana hanya fokus pada ke-panitia-an, organisasi, dan tugas-tugas. tapi bukan itu yang membuat ku rindu akan masa ini, terlebih yang membuat ku rindu dan hingga kini membekas adalah keseruan dengan para teman dan sahabat.
...
di kala itu kita sering berkumpul ntah makan bareng, belajar bareng, tertawa bareng bahkan pergi ke tempat-tempat seru pun bareng. walau banyak masalah yang terjadi dari awal hingga akhir, tapi itulah yang membuat kita semakin akrab satu sama lain.
.
hal lain yang kurindukan adalah bersama dengan salah seorang sahabat, yang senantiasa mengajariku pentingnya sosialisasi, yang rela membantuku disaat terjatuh sekalipun, yang mengubah suasana menjadi hangat ketika diriku sedang muram, yang rela membagi segala cerita pilu denganku dan membagi waktu dikala ku butuh untuk menghilangkan segala rasa penatku. Tapi yang namanya perpisahan akan selalu dijumpai dan tanpa kita sadari inilah yang membuat kita merasakan bahwa persahabatan itu sangat sulit dan akan selalu ada walau kita sudah berpisah
.
.

beranjak dari wisuda, di bulan januari hingga maret 2019, aku pun kembali berjuang untuk meningkatkan skill ku demi apa yang ingin aku capai. iya, selama 2 bulan lamanya, ku harus mengikuti serangkaian kegiatan magang sebagai bekal untuk diriku di luar negeri nanti. banyak yang bilang, selama magang akan terasa capek, banyak yang bilang berbeda dengan apa yang kudapatkan selama kuliah, dan banyak yang bilang bisa saja nanti diriku akan berkata tuk menyerah, tapi semua itu rasanya sangat jauh berbeda, karena disini aku tidak merasa sangat capek, aku tidak merasa perbedaan dengan kuliah dan terlebih lagi aku tidak pernah berpikir untuk berkata menyerah. kenapa? karna disini aku berjuang bersama teman-temanku, aku banyak belajar dan bahkan walaupun memang lelah tapi disini penuh canda tawa sehingga semua kelelahan terasa sirna.intinya, banyak yang berbeda dengan ucapan di luar sana
.
.
.
next dari maret-mei banyak pelajaran untuk bersabar dan pantang menyerah. disini aku sudah mulai menyerah karena tidak adanya kepastian mengenai sesuatu hal. but, orangtuaku selalu berkata "sabar dan selalu berdoa", dan ini dua kata yang membuat diriku tuk selalu berpegang teguh dengan apa yang ingin aku capai dan ingin aku raih selama ini. ternyata, hal itu benar adanya, buah kesabaranku dan rasa pantang menyerahku memberikan sebuah hadiah yang menarik untuk diriku sendiri tentunya dan untuk orangtua dan keluargaku, dan aku bisa melanjutkan di United State
.
.
.
dari mei hingga desember 2019, aku mengikuti program dari kampus terkenal di USA yang berbasis pertanian, dan benar-benar mengajarkanku arti perjuangan serta banyak hal lainnya, dan ini akan ku ceritakan di postingan khusus USA.




.

.


intinya, 2019 memberikanku banyak pelajaran, dimulai dari perjuangan, kesabaran dan keikhlasan. satu hal yang selalu aku pegang selama ini yaitu "orang boleh berkata tidak mungkin, tapi diriku akan selalu percaya bahwa itu akan nyata". so, thank you untuk tahun 2019, terima kasih untuk orang-orang di balik layar yang tidak bisa kusebutkan satu-persatu, yang bisa memberikan semangat hingga sekarang, terima kasih pada lingkungan sekitar, yang sudah mengajarkan aku banyak hal. 2020 mungkin tahun yang baru, dan aku percaya, tuhan menyiapkan segala kejutan di setiap bulannya.
....
happy new year 2020

You May Also Like

0 komentar