how to be confident?



CONFIDENT??.......

mungkin sebagian orang susah untuk bisa percaya diri dengan diri mereka sendiri karena kepikiran dengan hal-hal sekitar. contohnya, kalau seseorang ingin berpakaian modis sesuai seleranya sendiri pasti yang pertama dipikiran mereka adalah "kira-kira orang2 ngetawain aku gak ya" ,atau misalnya nih dikelas tiap ada dosen/guru yang bertanya "apakah kalian ada yang mau bertanya", banyak sekali yang tidak PD dengan pertanyaan mereka karena pada mereka berpikir kalau pertanyaan yang akan mereka tanyakan itu "tidak berbobot" atau "pertanyaan biasa".

so let's talk about this...

sebenarnya kita perlu yang namanya rasa percaya diri, kenapa? percaya diri itu menunjukkan kalau kita cinta pada diri kita sendiri yang apa adanya bukan sesuai dengan selera orang. percaya diri juga bisa membuat orang-orang suka dengan kita karena kita menunjukan 'This is Me" bukan versi orang lain, bahkan di jaman milenial ini, banyak yang lagi mencari seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan percaya diri (menurut gue pribadi) :

1. Pandai berkomunikasi
orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi itu kebanyakan pada pandai dalam berkomunikasi, kenapa? iya karena mereka tidak malu dan mereka selalu yakin dengan diri sendiri terlepas apakah yang mereka ucapkan itu benar atau tidak. contohnya ada dua orang yang pertama tidak terlalu pintar dalam berbahasa inggris hanya mengandalkan dari apa yang di lihat/di tonton, dan ada yang jago bahasa inggris tapi tidak memiliki keberanian untuk speaking di depan publik, nah dalam kasus ini kebanyakan orang yang pertama yang akan jago dalam speaking, kenapa? karena dia percaya diri terlepas dari salah/benar dalam vocab atau grammar, dan karna kesalahan itu , orang tersebut akan terus belajar dan belajar.

2. belajar menjadi pemimpin
kebanyakan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi lebih dipercaya untuk menjadi seorang pemimpin dalam lingkungan atau kelompok mereka, kenapa? karena mereka dipercaya oleh orang sekitar yang bisa memimpin dan orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi kebanyakan memiliki karisma dalam memimpin

3. gampang bergaul/bersosialisasi
nah, percaya diri itu juga bisa berdampak pada lingkungan sekitar, contohnya saja kebanyakan orang yang percaya diri itu adalah orang yang menunjukkan dia apa adanya dan tidak mengada-ngada dan dampaknya mereka ini lebih disenangi oleh lingkungan sekitar karena mereka tahu kalau orang ini tidak pernah menjadi "fake" selalu menjadi diri sendiri
.
.
.
.

lalu, bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri???
.
...
tiap orang memiliki cara tersendiri dalam meningkatkan rasa percaya diri mereka, nah kali ini gue bakal kasi tips bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri versi gue :

1. selalu belajar dari kesalahan
cara ini bisa meningkatkan rasa percaya diri kita, jangan takut salah , semakin kita salah semakin kita paham dan semakin kita paham semakin meingkatkan rasa percaya diri kita untuk melakukan hal tersebut

2. paksa diri sendiri untuk bisa speak up
ini yang gue lakuin semenjak SD sampai sekarang. gue itu tipe orang yang pemalu tetapi orang tua gue selalu push gue untuk bisa publik speaking dari di daftarin untuk lomba puisi, belajar untuk bicara di dalam keluarga , dan semakin dewasa gue semakin mem-push diri gue sendiri untuk bisa speaking di orang banyak.

3. bergaul dengan orang yang percaya diri
ini sih yang gue lakuin selama kuliah, gue selalu bergaul dengan orang yang pinter public speaking, yang pinter debat dll. bukan berarti milih-milih dalam berteman, tapi kita lebih memilih berteman untuk meningkatkan rasa percaya diri kita, yapss karena lingkungan yang gue pilih seperti itu, sampai sekarang gue bisa publik speaking , presentasi, dll walaupun harus banyak berlatih.

4. sering ikut lomba yang memacu ke-PD-an kita
nah ini juga salah satu caranya, dulu waktu SD aku ikut lomba baca puisi, terus kuliah aku ikut lomba karya tulis, dan tiap kuliah sering ditunjuk untuk presentasi. dengan cara ini bisa meningkatkan rasa percaya diri kalian, ntah kenapa ketika di depan publik itu kita menjadi beda dan lebih berani dalam hal speaking.

.
.
.

mungkin 4 tips itu bisa membantu kalian, karena tiap orang memiliki cara yang berbeda dalam hal meningkatkan percaya diri. sekian tips jangan lupa di share ya :)















You May Also Like

0 komentar